Selasa, 31 Maret 2015

Pantai Ambalat


Pantai Ambalat memang bukan tempat wisata di balikpapan. Pantai ini terletak di Kelurahan Amborawang Laut, Kecamatan Samboja , Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) , Kalimantan Timur. Konon, asal mula nama Ambalat di ambil dari nama Kelurahan tersebut yaitu Amborawang Laut. Ketika memasuki gerbang pantai tersebut, kita akan disambut dengan pohon-pohon kelapa  yang berada di sisi kanan dan sisi kiri dengan buah yang bergantungan.

Pantai Ambalat yang landai dengan pasir kecoklatannya terbentang mulai dari arah selatan berbatasan dengan pantai teritip hingga utara tanjung samboja. Menurut lurah Amborawang Laut, pantai ini memiliki bibir pantai sepanjang 1,5 km dan lebar 500 meter jika air sedang surut.

Di pantai Ambalat ini, tampak juga deretan warung yang menjajakan makanan dan minuman yang siap melayani para pengunjung. Dan terlihat pula para pengunjung yang menikmati segarnya kelapa muda di pantai Ambalat. Disana juga tampak para pengunjung yang sedang menikmati landainya pantai Ambalat. Di pantai ini juga disediakan tempat penyewaan ban.

Pantai Amabalat akan lebih mempesona jika dirasakan pada malam hari. Disana juga terdapat tempat penginapan seperti cottages. Walaupun hanya terdapat 8 unit, bangunan tersebut ada yang semi permanen bahkan permanen.

Pantai Ambalat juga dilengkapi dengan wahana pemancingan bagi para pengunjung yang memiliki hobi memancing. Fasilitas pendukung pemancingan itu yakni beberapa unit gazebo atau rumah kecil yang berada di pematang empang dengan teduhan pohon cemara yang cukup begitu rindang.

Walaupun pantai Ambalat yang indah ini begitu indah dan jalan menuju ke bibir pantai nya bagus, tapi pantai masih kurang banyak dilirik oleh para wisatawan. Itu dikarenakan lokasinya yang tersembunyi, yaitu sejauh 7 km dari Jl poros Samboja – Teritip di Balikpapan. Selain itu juga, pantai Ambalat ini masih dikelola secara sederhana oleh warga sekitar yang dikoordinir lurah setempat. Nah, bagi kalian yang sempat singgah ke Samboja. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat pariwisata ini. (*ra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar